Artikel Terbaru

Tutorial Membuat Blog di Blogspot

, Posted by Lilis at 09.56



Saya sengaja membuat blog ini, karena saya yakin diantara para blogger disini masih ada yang belum paham mengenai apa itu blog dan bagaimana caranya membuat sebuah blog. Untuk itu dan mulai saat ini saya akan menuliskan langkah-langkah apa yang perlu dilakukan di dalam membuat sebuah blog. Okelah kita mulai saja dari sekarang, ikutilah setiap langkah yang ada dalam blog ini. Oh ya.. untuk saat ini kita fokuskan dulu membuat blog dengan menggunakan Blogger.

1. Apa yang dimaksud dengan Blog?

Pada dasarnya Blog itu berasal dari kata Web Log yaitu sebuah situs yang sifatnya lebih bersifat pribadi. Anda bisa membuat blog pribadi anda, baik yang bersifat privacy maupun untuk komersial.

Bagi anda yang masih bingung dengan bahasa pemrograman (script), maka untuk menciptakan sebuah website/blog, para desainer blog telah membuat blog yang user friendly (mudah digunakan) dan bekerja secara otomatis. Apabila anda sudah bisa membuat sebuah account email di internet, maka dalam membuat blog pun saya yakin anda bisa.
Sebelum kita memulai membuat blog di Blogger, sebaiknya anda memiliki account email yang bisa anda peroleh di GMail. Karena ini adalah persyaratan utama dalam membuat blog di Blogger, maka pastikan anda sudah memilikinya.

2. Cara membuat blog di Blogger

Untuk memulai pembuatan sebuah blog di Blogger, anda bisa masuk ke Blogger atau silahkan anda klik gambar di bawah ini.


Setelah anda berada pada situs Blogger, anda akan melihat halaman web seperti pada gambar di bawah ini.


Selanjutnya silahkan ikuti langkah-langkah sebagai berikut :

a. Masukkan email dan password Gmail anda, kemudian klik tanda anak panah yang bertuliskan "CIPTAKAN BLOG ANDA", sehingga akan muncul gambar halaman berikutnya.
b. Masukkan alamat Gmail, Nama Anda dan Nama Tampilan anda dengan benar sesuai dengan keinginan anda. Kemudian klik tanda panah yang bertuliskan "LANJUTKAN", sehingga muncul gambar halaman berikutnya.

c. Berilah nama blog anda. Isikan Judul Blog yang anda inginkan, masukkan nama URL atau Alamat Blog anda. Setelah itu klik tulisan "Cek Ketersediaan" dan kemudian lihat hasilnya. Apabila terdapat message (pesan) berwarna merah "Alamat Blog ini tidak tersedia", itu berarti bahwa alamat yang anda masukkan sudah dimiliki oleh orang lain. Ulangilah dengan mencoba alamat yang baru sehingga terdapat message "Alamat Blog ini tersedia". Setelah itu lanjutkan dengan mengklik tanda panah yang berisi tulisan "LANJUTKAN".

d. Pilihlah sebuah template yang anda sukai diantara beberapa template yang telah disediakan oleh Blogger. Setelah selesai menentukan pilihan anda maka klik tanda panah yang bertuliskan "LANJUTKAN", sehingga muncul gambar halaman berikutnya yang menyatakan bahwa anda telah berhasil membuat sebuah blog. Mudah khan?







e. Kliklah gambar tanda panah yang bertuliskan "LANJUTKAN", maka anda akan diajak masuk ke halaman Dasbor (Dashboard).
Di halaman ini anda bisa menambahkan berbagai macam elemen yang ingin anda pasangkan secara fleksibel. Dan kemudian anda bisa melakukan posting.



3. Content Blog:

Biasanya di dalam melakukan posting sebuah aretikel atau berita, para Blogger pemula, biasanya bingung content apa yang akan diposting ke dalam blognya. Namun content tersebut adalah sepenuhnya ada dalam hak anda, apakah anda ingin mengisi blog tersebut dengan berita-berita olahraga, politik, lowongan kerja, cerita lucu, resep masakan, spiritual dan lain sebagainya. Namun saran saya adalah isilah content blog anda dengan minat atau hobby serta skill (keahlian) anda sendiri. Hal ini akan memudahkan anda dalam menuangkannya kedalam bentuk tulisan. Pengguna internet di seluruh dunia yang semakin hari semakin bertambah, sebagian tentu memiliki minat dan hobby yang sama dengan anda, dengan demikian akan terbentuk komunitas baru di lingkungan website anda.

OK, tuntaslah sudah tugas saya mengantarkan anda membuat sebuah blog. Kalau sudah jadi blog-nya bisa dishare disini ya... saya akan tetap setia menemani anda, ikuti terus tulisan saya berikutnya ya.....

Currently have 1 comments:

Leave a Reply

Posting Komentar